HOBI MEMELIHARA BURUNG BERKICAU


Hobi memelihara dan merawat burung berkicau, sudah sejak lama digemari oleh masyarakat kita. Banyak alasan kenapa burung berkicau menjadi hewan peliharaan yang paling diminati. Antara lain: sekedar untuk didengar kicauannya setelah seharian sibuk dengan aktifitas pekerjaan, burung klangenan, usaha breeding burung (ternak burung), bisnis burung atau jual beli burung, melatih burung, dan lain-lain.

Bahkan saat ini, sangat banyak penghobi burung yang memelihara burung dan merawat burung-burung berkicau khusus dipersiapkan untuk kontes burung berkicau atau lomba burung berkicau. Satu fenomena positip yang harus kita apresiasikan dengan positip juga.

Kembali ke filosofi dari burung berkicau itu sendiri:
Daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuannya berkicau melantunkan irama lagu yang baik dan menawan. Disamping keindahan postur burung, keindahan warna bulu burung, gaya berkicau burung yang eksotis (unik), tingkah laku burung yang lucu, jenis burung langka dan lain-lain. 
 Tanpa kita tau, sesungguhnya suara dari burung adalah suara paling harmoni. Efeknya adalah ketenangan yang luar biasa. Setiap burung tentu memiliki kekhasan dari artikulasi suaranya. mungkin burung bisa menirukan suara burung lain, namun masing-masing burung memiliki kemampuan berbeda dalam artikulasi suara. Itulah yang membedakan burnung sati dengan yang lainnya. Beberapa burung yang memiliki kemampuan/kecerdasan istimewa  untuk menirukan suara burung lain adalah Kacer, Branjangan, Beo, Jalak, dan Anis Merah.

0 komentar:

Posting Komentar