Membuat Foto Landscape Menjadi Lebih Jernih

Anda seorang fotografer yang sangat gemar foto landscape ? Tentunya anda pernah mengalami kendala kurang kontrasnya foto hasil bidikan anda atau pencahayaan yang sangat kurang saat pengambilan foto sehingga hasil foto menjadi tidak maksimal.
Bersyukurlah dengan adanya teknologi dibidang software fotografi saat ini, dengan adanya Photoshop foto tersebut akan bisa kita optimalkan hasilnya.  Saya akan tunjukkan bagaimana cara mengedit gambar dengan cara yang sangat simpel dan tidak anda duga sebelumnya.
Fasilitas yang saya gunakan adalah Auto Tone dan Auto Color pada Adobe Photoshop CS4, iya.. hanya itu.. dan anda boleh mengoptimalkan lagi hasilnya dengan teknik2 lainnya.. jangan kuatir pada seri CS2 dan CS3 menu ini juga ada.  Berikut akan saya tunjukkan betapa dahsyatnya Auto Tone dan Auto Color ini, namun sebagai catatan bahwa ini semua belum tentu bisa optimal pada foto2 tertentu.. anda bisa coba apakah penggunaannya tepat atau tidak.. kalo gk bagus ya di Undo saja.
Lihat pada foto dibawah ini, Lokasi foto saya ambil di Sungai Kapuas Kota Sanggau Kalimantan Barat siang hari pukul 11.00 WIB dengan kondisi udara berkabut asap (hal ini sering terjadi di daerah Kalbar, asap pembakaran hutan seringkali membuat udara berkabut).

Sungai Kapuas Saat Surut

Saya ambil dengan menggunakan kamera Nikon D5000, Filter CPL, SS. 1/80, F. 8 dan ini murni belum saya edit.
Nah apa yang terjadi bila saya lakukan editing dengan Auto Tone dan Auto Color.  Caranya : Klik menu Image > Auto Tone setelah itu lanjutkan dengan Klik menu Image > Auto Color.  Beginilah hasilnya :
Pasir Sungai Kapuas
Lihat, betapa simpel prosesnya bukan ? dan hasilnya pun menjadi lebih baik.  Gambar sungai yang sebelumnya hanya terlihat putih kini bayangannya menjadi jelas dan bersih.  Catatan : foto diatas sesudah di auto tone dan auto color saya cerahin lagi dengan menu brightness/contrast.
Ini contoh lainnya lagi, foto natural dengan shutter speed  lambat hingga 2 detik pada kondisi cahaya yang minim saat petang hari :
Samping rumah Irfan MarindraNikon D5000, Filter CPL, SS. 2 detik, F.1/40, Lokasi samping rumah jam 17.45 WIB (petang/maghrib)
Setelah menggunakan auto tone dan auto color hasilnya menjadi begini :
Samping rumah Irfan
Kalo gk percaya ada baiknya anda coba sendiri :D Tapi teknik ini kebanyakan sangat cocok pada foto landscape.
Special Quote : Teknologi dibuat untuk semakin baik, mumpung ada teknologi canggih ya dipake aja.. kalo anda masih suka yang natural monggo silahkan.  Tetapi teknik ini bisa mengatasi masalah pada foto landcape yang mungkin susah teratasi dalam hal pencahayaan.

0 komentar:

Posting Komentar