Liga Arab Dukung Palestina Raih Keanggotaan Penuh PBB


 Liga Arab dan tiga organisasi internasional, Sabtu (3/9), mensahkan rencana untuk mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB.
Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil el-Arabi; Menteri Luar Negeri Mesir, Mohammed Amr; Ketua Komisi Uni Afrika, Jean Ping; dan Asisten Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam Urusan Palestina, Samir Baker mengadakan pertemuan guna mengkoordinasikan upaya diplomatik serta mendukung rencana bagi tindakan Palestina untuk memperoleh keanggotaan penuh PBB.
"Tujuan pertemuan ini ialah untuk mengatur semua upaya sehubungan dengan masalah Palestina sebelum mereka menghadiri babak baru Sidang Majelis Umum PBB," kata el-Arabi dalam satu taklimat gabungan setelah pertemuan itu. "Saya telah bertemu dengan beberapa utusan negara Eropa dalam kunjungan saya baru-baru ini ke Paris dan semua petunjuk bersifat positif serta bagus."
Al-Arabi mengatakan pendapat masyarakat tersebut takkan mempedulikan ancaman Israel terhadap Palestina segera setelah keanggotaan Palestina disetujui oleh PBB. Ketika menjawab satu pertanyaan mengenai keputusan Turki untuk mengusir duta besar Israel, ia mengatakan,"Apa yang telah dilakukan Israel terhadap Flotilla bantuan Turki dipandang sebagai kejahatan terhadap hukum internasional."
Al-Arabi mengaku sudah membaca laporan PBB mengenai peristiwa itu. Tapi, dia menilai laporan tersebut memiliki kesalahan hukum. ''Sebab, laporan itu menangani masalah ini dari prospektif hukum laut, bukan dari prospektif kemanusiaan ... Jadi, ini adalah laporan politik."
Sumber: Antara/Xinhua-OANA

0 komentar:

Posting Komentar