Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Belajar Angka


Salah satu jenis kecerdasan di dalam Multiple Intelligence yang berhubungan erat dengan kesiapan anak masuk sekolah adalah Kecerdasan Logis/Numeris. Kecerdasan ini mengacu pada kemampuan otak yang sedang berkembang untuk bermain-main dengan urutan angka, dan dapat berkembang pesat dengan banyaknya latihan.
(catatan: faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan untuk melihat kesiapan anak masuk sekolah bisa dibuka di ebook ”3 Tahun Pertama yg Menentukan” di http://ebook.balitacerdas.com)
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan logis/numeris ini, salah satunya adalah dengan bermain tentang berhitung dan angka sejak usia sedini mungkin dalam berbagai bentuk permainan yang menyenangkan setiap harinya.
Kemampuan anak dalam berhitung juga akan memberikan multiplier effect terhadap perkembangan kecerdasan lainnya seperti Kecerdasan diri/Intrapersonal, yaitu mampu MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK.
Anak yang sudah bisa berhitung pada saat masuk sekolah terbukti mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi, dan ini memudahkan anak beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Banyak sekali jenis permainan angka atau berhitung di dalam permainan sehari-hari. Misalnya, naik tangga sambil menghitung jumlah tangganya merupakan permainan yang sangat disukai anak sejak dia mulai belajar berjalan. Permainan ini sekaligus bisa mendorong anak untuk berlatih berjalan.
Di setiap kesempatan yang memungkinkan, jadikanlah berhitung sebagai bentuk permainan.
Ketika anak sudah cukup mengerti tentang angka, dan juga sudah mengerti konsep waktu seperti pagi, siang dan malam, biasanya anak akan mulai tertarik dengan konsep jam. Ini kesempatan yang sangat baik untuk mengajarkan cara membaca jam. Kemampuan membaca jam (yang bukan jam digital) akan mampu meningkatkan percaya diri anak.
Selain itu, bagi kita orangtua juga akan mempermudah melatih disiplin anak dalam membagi kegiatan sehari-hari.
Misalnya, jika sebelumnya kita tidak mudah menghentikan kegiatan bermain anak pada waktunya mandi sore, karena anak sudah mampu membaca jam, akan jauh lebih mudah mengajarkan batasan waktu kapan anak harus menghentikan atau memulai sebuah kegiatan.
Tetapi memang cukup sulit mengajar anak membaca jam (yang bukan digital). Untuk anak yang sudah mengenal angka, BalitaCerdas.com telah mendesain jam yang sangat efektif untuk mempermudah anak belajar membaca jam.

0 komentar:

Posting Komentar