Pengaruh Tipe Ayah Pada Pengasuhan Anak


Kenalilah tipe – tipe seorang Ayah karena berpengaruh pada pola pengasuhan anak. Dalam pengasuhan anak, tak hanya ibu yang berperan dalam perkembangan anak, namun ayah juga berperan penting dalam perkembangan anak tersebut. Anak-anak biasanya memang dekat dengan sosok ibu karena waktu yang dimiliki seorang ibu lebih banyak daripada seorang ayah, tapi hal itu tidak berarti ayah tidak berperan penting dalam perkembangan anak.
Bahkan dalam Daddy’s Factor (Penguin Books, USA, 2006) Steven Bolter menulis, “Melalui kehidupan dalam keluarga, seorang ayah bukan saja memengaruhi individualitas anaknya, tetapi juga memengaruhi kemampuannya bergaul dan bersikap dalam masyarakat.”
Dalam buku ini juga dikategorikan tipe ayah yang dapat memberi dampak utama pada anak-anaknya:
* Tipe Ayah Bom Waktu
Tipe ayah seperti ini adalah ayah yang cenderung mempunyai sifat temperamental, bersikap perfeksionis yang selalu menginginkan kesempurnaan anak-anaknya. Jadi jangan heran jika sang anak melakukakan kesalahan, maka si ayah tak segan untuk memarahi atau bahkan menghukumnya. Biasanya segala sesuatu yang menyangkut si anak selalu dikaitkan dengan prestasi, karena hal ini pula obrolan si ayah dan si anak tak jauh-jauh dari urusan prestasi di sekolah.
Dampak bagi si anak, ketika dewasa si anak cenderung merasa kurang nyaman dan tak mudah percaya pada orang lain terutama dalam pergaulan dan di tempat kerja.
* Tipe Ayah Acuh Tak Acuh
Namanya saja acuh tak acuh, jadi ayah seperti ini cenderung cuek dengan kebutuhan anak-anaknya. Ayah tipe ini kebanyakan bersikap acuh tak acuh terhadap segala hal permasalahan anak-anak mereka terutama pada kebutuhan psikis. Ayah tipe ini merasa merasa tanggung jawab utamanya adalah menjalankan peran sebagai breadwinner alias pencari nafkah. Jadi sang ayah cuek enggan memantau perkembangan fisik, mental, dan emosi anak-anaknya karena menganggap sang ibunya lah yang bertanggung jawab dan memegang peranan penting dalam tugas ini.
Dampaknya adalah ayah tipe ini akan memengaruhi perkembangan anak, dalam arti sang ayah kurang mengenalkan anaknya pada kesulitan dan tantangan yang mungkin banyak ditemui di luar rumah.
* Tipe Ayah Pembimbing
Tipe ayah ideal. Selalu bersikap penuh kehangatan dalam mendidik anaknya. Ia memiliki metode pendekatan dengan cara membimbing anak-anaknya agar mau belajar dan meningkatkan kualitas. Ayah pembimbing selalu perhatian kepada anaknya. Ayah tipe ini juga senang meningkatkan pergaulannya agar bisa lebih terlibat dalam kegiatan anak-anaknya. Ayah tipe ini juga selalu melek teknologi supaya dapat mengikuti zaman yang pada akhirnya dapat mendekatkan dirinya dengan anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar